Iklan Layanan Masyarat

Seringkali kita melihat sebuah iklan yang memberi peringatan seperti menakut-nakuti yang melihatkan gambaran negatif. Faktanya seperti iklan rokok, sudah ada gambar korban akibat merokok dan ada peringatan besar dan tebal "SMOKING KILLS' tetap saja rokok laris manis di setiap warung penjuru kota di Indonesia. Menurut sains pun iklan dengan penggambaran negative itu kurang efektif untuk mengubah sebuah kebiasaan masyarakat. Seperti TED TALKS yang dibawakan oleh  Tali Sharot seorang ahli saraf di University College London.



Ada 3 hal dasar yang dapat mendorong manusia untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka, yaitu:

1. Social Incentives
Manusia sebagai makhluk sosial sangat peduli terhadap apa yang orang lain lakukan. manusia akan melakukan hal - hal yang akan membuatnya dipandang baik di mata sosial.

2. Immediate Reward
Sebuah ganjaran yang bisa kita dapatkan secara langsung setelah melakukan sesuatu. Dari ganjaran ini, manusia akan lebih rajin melakukan perilaku tersebut sehingga terbiasa.

3. Progress Monitoring
Manusia akan lebih senang ketika melihat perkembangan yang baik, pemcampaian yang baik, lika-liku yang baik.


Saya mencoba mendesain ulang iklan tersebut ke format A3 dan mengambarkan positif.


Saya suka dengan iklan greenpeace dan juga aksinya untuk membuat dunia lebih baik saya pun sudah mendaftarkan diri saya sebagai aktivis greenpeace. Terlihat dari iklan tersebut sangat amat jelas 'it takes up to 40 dum animals to make a fur coat but only one to wear it'. Menggunakan visual yang seakan-akan fur coat mengeluarkan darah dari hewan tersebut.

berikut hasil saya mendesian iklan tersebut


Daripada gambaran negatifnya kita perlihatkan, mengapa tidak audience yang memilih siapa yang ingin mereka jaga? apakah sebuah jaket fur atau bahan dasarnya yaitu beruang yang digambarnya sedang sedih. Ada sebuah rasa kasihan yang terbangun tapi tidak dalam bentuk yang sadis. Mungkin ini lebih baik dan mudah diterima disemua kalangan.

Posting Komentar