Analisan TVC Gudang Garam Signature YES You Can (2019)



Product: Rokok
Client: Gudang Garam
Company Name: PT. Gudang Garam Tbk
Campaign: Yes You Can
Purpose: -
Target Audience: 20-25 tahun, laki-laki
Image:
Copy:
Slogan: Yes. You Can. 
Logo: Diletakan di bagian bawah video sepanjang video dan juga di akhir scene berukuran yang lebih besar

Primanary Features

Dimensions :
Landscape video

Texture :
-          Air mengalir
-          Terlihat baju dan dasi saat dikencangkan terlipat.
-          Gelas pecah belah yang pecah
-          Bahan kulit yang sedang dibuat
-          Mobil yang berkilau

Medium :
Video yang dipublish sebagai TVC (TV Commercial)

Scale :
Pada scene rumah, terlihat dia yang bersantai sangat kecil dibandingkan rumah yang sangat besar. Di scene terakhir juga terlihat logo setinggi model – model dalam TVC.

Space :
Scene – scene awal semua menunjukkan indoor, keadaan yang mengikat, dan di scene terakhir mereka terlihat berjalan di outdoor yang seakan lebih lega dan lapang, siap masuk ke dunia baru.

Value :
Pemakaian warna – warna shade lebih banyak dibanding tint.


Secondary Features

Balance :
-          Adanya keseimbangan simetris ketika saat shot – shot perkenalan, dan juga untuk shot gelas yang pecah dan bertuliskan FRESH.
-          Adanya keseimbangan asimetris di scene terakhir, antara para model di bagian kiri dan logo Signature.

Emphasis :
Dapat terlihat dengan warna, contohnya mobil yang berwarna kuning terang.

Composition :
Komposisi di setiap shot selalu diatur dengan baik.

Contrast :
Kontras warna terlihat seperti pada scene dengan mobil kuning. Mobil kuning tersebut sangat menarik perhatian karena mencolok dibanding warna – warna pada color palette iklan ini.

Harmony :
Tergabungkan dengan color tone yang agak coklat.

Movement :
Karakter utama ada yang duduk, maju ke depan, masuk ke kafe, menunduk dan bekerja, bersantai diatas kolam, dan berjalan bersama – sama dengan semangat.

Dominance :
Iklan didominasi oleh warna kecoklatan sebagai tonenya.

Proximity :
Di scene terakhir, semua karakter didekatkan untuk berjalan bersama, agar terlihat seperti memiliki spirit yang sama.

Rhythm :
Ber-ritme cepat yang menunjukkan dunia pekerjaan yang selalu cepat perkembangan dan tuntutannya.

Similarity :
Color tone yang kecoklatan mirip dengan logo Signature yang juga putih kecoklatan. Selain itu, cipratan merah juga ada pada berbagai scene di video dan juga logonya.

Unity :
Adanya kesatuan di scene terakhir dimana ke tiga karakter berjalan Bersama – sama dengan spirit ‘Yes You Can’.

Variety :
Adanya visual, voice over, sound effect,  dan typografi dalam satu iklan. 

Posting Komentar