KitKat Kitto Katsu Case Study Japan




KITKAT KITTO KATSU

Gue akan mengkaji strategi pemasaran KitKat Kitto Katsu di Japan. Produk keluaran Nestle ini pertama kali diproduksi oleh Rowntree's di New York yang sekarang seperti kita tahu KitKat.

Kita mengenal KitKat dengan tagline "Have a break, have a KitKat" dan KitKat mempunyai arti "chocolate bar" namun berbeda dengan Jepang. Di Jepang, KitKat diucapkan sebagai Kitto Kitsu yang mempunyai arti "surely win" yang berpesan setiap orang pasti bertarung dengan ratusan bahkan ribuan orang lainnya dalam sebuah hal antara lainnya  sekolah, pekerjaan, dan sebagainya.

Untuk menghadapi saingan pasar yang sangat cepat, KitKat melakukan sebuah riset pasar yang sangat unik dengan strategi yang sangat cemerlang mengikuti produk yang diluncurkan. Di Jepang, Kitkat disebut dengan Kitto Katsu yang memiliki arti “Pasti Menang”. Hal ini dimanfaatkan KitKat Jepang untuk membuah sebuah promosi, dengan membuat sebuah packaging yang dapat menulikan sebuah pesan. Ada sebuah tradisi di Jepang dimana orang-orang memberikan sebuah pesan atau surat untuk memberikan semangat kepada mereka yang akan mengikuti ujian. Maka dari itu KitKat melakukan sebuah terobosan atau inovasi baru untuk mempromosikan produknya di Jepang dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah dinamakan sebagai 'KitKat Mail'. Terdapat bidang kosong berwarna putih dikemasan KitKat untuk nantinya dituliskan pesan oleh pembeli untuk seseorang yang ditujunya. Lalu mereka menaruhnya dilokasi yang sangat strategis seperti kantor pos. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh KitKat ternyata berhasil dan mendapatkan sebuah promosi secara gratis yang bernilai $ 11.000.000 ! dan produk ini masih bertahan tanpa adanya pesaing.

Target audience yang mereka tuju adalah para anak muda khususnya pelajar yang ingin bertukar semangat atau memberikan ucapan kepada orang terkasih.  Namun sekarang, walaupun masa ujian telah berakhir banyak orang yang masih menggunakan dan mengirim dengan KitKat Mail kepada teman-temannya, merekalah yang sekarang menjadi target market dari KitKat. . Mereka mengubah pandangan orang-orang terhadap produk mereka yang hanya awal sebatang coklat, sekarang bisa menjadi sebuah impact bagi seseorang agar lebih bersemangat dalam melakukan sesuatu.

Posting Komentar