KITKAT KITTO KATSU
Gue akan mengkaji
strategi pemasaran KitKat Kitto Katsu di Japan. Produk keluaran Nestle ini pertama
kali diproduksi oleh Rowntree's di New York yang sekarang seperti kita tahu
KitKat.
Kita mengenal KitKat
dengan tagline "Have a break, have a KitKat" dan
KitKat mempunyai arti "chocolate bar" namun berbeda
dengan Jepang. Di Jepang, KitKat diucapkan sebagai Kitto Kitsu yang
mempunyai arti "surely win" yang berpesan setiap orang pasti
bertarung dengan ratusan bahkan ribuan orang lainnya dalam sebuah hal antara
lainnya sekolah, pekerjaan, dan
sebagainya.
Untuk menghadapi saingan pasar yang sangat
cepat, KitKat melakukan sebuah riset pasar yang sangat unik dengan strategi
yang sangat cemerlang mengikuti produk yang diluncurkan. Di Jepang, Kitkat
disebut dengan Kitto Katsu yang memiliki arti “Pasti Menang”. Hal ini
dimanfaatkan KitKat Jepang untuk membuah sebuah promosi, dengan membuat sebuah
packaging yang dapat menulikan sebuah pesan. Ada sebuah tradisi di
Jepang dimana orang-orang memberikan sebuah pesan atau surat untuk memberikan
semangat kepada mereka yang akan mengikuti ujian. Maka dari itu KitKat
melakukan sebuah terobosan atau inovasi baru untuk mempromosikan produknya di
Jepang dengan melakukan kerja sama dengan pemerintah dinamakan sebagai 'KitKat
Mail'. Terdapat bidang kosong berwarna putih dikemasan KitKat untuk
nantinya dituliskan pesan oleh pembeli untuk seseorang yang ditujunya. Lalu
mereka menaruhnya dilokasi yang sangat strategis seperti kantor pos. Strategi pemasaran yang
dilakukan oleh KitKat ternyata berhasil dan mendapatkan sebuah promosi secara
gratis yang bernilai $ 11.000.000 ! dan produk ini masih bertahan tanpa adanya
pesaing.
Target
audience yang mereka tuju adalah para anak muda khususnya pelajar yang ingin
bertukar semangat atau memberikan ucapan kepada orang terkasih. Namun sekarang, walaupun
masa ujian telah berakhir banyak orang yang masih menggunakan dan mengirim
dengan KitKat Mail kepada teman-temannya, merekalah yang sekarang menjadi target
market dari KitKat. . Mereka mengubah pandangan orang-orang terhadap produk
mereka yang hanya awal sebatang coklat, sekarang bisa menjadi sebuah impact bagi
seseorang agar lebih bersemangat dalam melakukan sesuatu.
Posting Komentar